PIJAR NTT (Perhimpunan Jurnalis Alor)

January 7, 2010

Velabolo Ukir Juara di Semua Ajang

Filed under: BERITA UTAMA — pijarntt @ 14:23

Kalabahi – Menyebut  Vellabolo bagi publik Nusa Kenari, terlebih para penggemar seni tari sebenarnya bukan sesuatu yang baru.  Vellabolo-sebuah sanggar seni tari yang hampir menampilkan tarian di semua acara.  Baik tarian tradisional maupun tarian kreasi baru. Sanggar Binaan Mama Beth-begitu Elisabeth Mabikafola biasa disapa ini mengukir prestasi di semua ajang. Dari ajang lokal-Alor hingga regional bahkan menembus ibukota.

Dari awal awal karirnya  di tahun 1995,  sanggar yang diberi nama almarhum WJ Lelangullu ini  menjuarai berbagai ivent.  Sekretaris Sanggar Vellabolo Onci Kalla dalam sebuah perbincangan dengan Ombay News belum lama ini mengisahkan, untuk juara di ivent regional di tingkat propinsi tak dapat dihitungnya. Onci mengaku lupa menghitungnya karena terlalu banyak ivent dijuarai sanggar yang dihuni enam personil penari dan lima pemain musik tradisional ini di tingkat regional.  Yang sempat diingat  demikian ibu satu anak ini adalah menjuarai lomba seni tari tingkat propinsi NTT dengan membawakan tari elang pada tahun 1995 yang kala itu dirinya (Onci Kalla-Red) menjadi salah satu personil penari.  Onci mengaku banyak menyimpan kenangan dibalik prestasi itu karena selain pertama kali menjuarai iven bergengsi di tingkat regional,  dirinya juga menghuni salah satu penari selain Mery Dally, Nona Adu, Yoan Takalapeta, Rut Dimu, Dian Siagian dan Desy Kinanggi.
Selain itu Onci juga sempat mengisahkan beberapa juara di ivent seni tari yang sempat diingatnya seperti, menjuarai festival budaya Flobamora pada tahun 2005 di Atambua, terbaik I di Jambora Pariwisata NTT di Kefamenanu  pada tahun 2004 dan paling terakhir menjuarai ivent festival budaya Flobamora  dengan kolaborasi Sanggar Adang Masair. Soal cipta prestasi,  sanggar yang setiap tahun melakukan regenerasi pemain musik dan penari ini tidak saja jago kandang.  Yang namanya juara, tak pernah puas buat sanggar yang kaya dengan tarian tradisional Alor maupun tarian kreasi baru (tarian tradisional Alor yang dimodifikasi).  Juara di tingkat lokal dan regeional  bukannya membuat mama beth dan onci (pelatih), personial tari dan pemain musik yang di lati   Mama Nur Nampira dan Mama Tini Lelang puas. Velabollo juga menunjukan kelasnya  sanggar yang punya jam terbang di tingkat ibukota (nasional). Buktinya,  Mama Beth dan Onci pernah membawah anak-anak
menembus pasar ibukota diantaranya mengikuti ivent nasional seni tari di Taman Ismail Marzuki dan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Onci mengaku sudah empat kali meramaikan seni tari tingkat nasional di Jakarta tetapi yang sempat diingat cuma dua yakni di Taman Ismail Marzuki dan TMII.   Onci-mantan personil penari yang saat ini menjadi pelatih sekaligus menjabat Sekretaris Sanggar Vellbolo ini mengaku saat ini sanggar yang diasuhnya beranggotakan In, Nindi, Dian, Putri, Novi dan  Dewi sebagai penari, sedangkan personil pemain musik atau penabuh dihuni Hamigat Goma, Anis Atakai, Berto, Agung Bekak dan Ari. Para penari maupun pemain musik di sanggar ini umumnya masih duduk di bangku SMP dan SMA/SMK. Sanggar ini ikut meramaikan deklarasi organisasi profesi wartawan di Kabupaten Alor (PIJAR) pada Sabtu (05/12) silam. Proficiat Vellabolo. Ukir terus prestasi.

2 Comments »

  1. KALAU ADA DATA TENTANG TUJUH UNSUR KEBUDAYAAN ALOR BOLEH DIPUBLIKASIKAN JUGA.

    Comment by Klaudius Sonopa'a — June 7, 2010 @ 14:21 | Reply

  2. senangnya bisa jadi salah satu jebolan sanggar ini sejak SMP kelas 1 sampai SMA kelas 3 bersama Yatri, Vivin, Rahmi, Siska, Luana, K Novi, K Wulan, dll… masih ingat cerita kita di TMII tidak?? heheeehee,, maju terus Velabolo!!!

    Comment by Elina Welmiria Otu — December 25, 2012 @ 22:40 | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: