PIJAR NTT (Perhimpunan Jurnalis Alor)

January 13, 2010

Masyarakat Hulani Bangun Jalan Secara Swadaya

Filed under: Uncategorized — pijarntt @ 03:51

Kalabahi -Ini prilaku yang pantas diteladani desa/kelurahan lain yang ada di Kabupaten Alor. Secara swadaya, masyarakat Desa Hulani Kecamatan Alor Barat Laut secara swadaya membangun jalan seluas 3 KM. Ruas jalan yang dibangun itu menghubungkan Ibukota Desa Hulnani dengan Dusun II Manggali yang merupakan daerah kantong komoditas rakyat di wilayah itu. 

Kepala Desa Hulnani Ahmad Kawule kepada Ombay News di Kalabahi pekan silam mengaku selain membangun jalan secara swadaya sepanjang 2 KM selama seminggu dari tanggal  2 Desember 2009, masyarakat Desa Hulanni huga secara swadaya menanam anakan cengke  diatas lahan usaha tani seluas 2 Ha di wilayah pemerintahan RT 08 Dusun II Manggali dengan jarak tanam  5X5
Orang Nomor satu di desa Hulnani yang saat itu didampingi PPL wilayah itu menambahkan penanaman anakan cengke ini dimaksudkan untuk mencegah prilaku petani yang bergantung pada kebiasaan bercocok tanam dengan metode ladang berpindah.   Sedangkan alasan membangun jalan yang menhubungkan Hulnani dengan Manggali itu lebih disebabkan karena Manggali yang merupakan daerah kantong hasil komoditas rakyat di wilayah itu selama ini belum ada ruas jalan yang memadai. Dua kegiatan ini diikuti seluruh warga desa Hulnani melalui 10 kelompok tani yang juga dihadiri  Camat Alor Barat Laut, Sekwilcam, PPL, Kades Lawalu, Kades Oamate dan Kades Tuan Rumah Desa Hulnani, mereka diterima secara adat di lokasi kegiatan oleh masyarakat setempat.  Setelah dilakukan penanaman dan pembukaan jalan dilakukan dialog antara warga desa Hulnani dengan Camat dan sejumlah pejabat yang hadir.
Kawule mengaku tidak pernah merasa lelah bersama Warga Masyarakat yang dipimpinnya karena yang dijunjung masyarakat di desa yang diarsiteknya itu adalah  tradisi gotong royong yang sudah membudaya sejak turun temurun.
Kawule yang sudah dipercayakan memimpin Hulnani dari tahun 2001 ini menambahkan bahwa seiring dengan Program Pemeritan Kabupaten Alor TRI KRIDA dapat memotovasinya  bersama masyarakat untuk melangkah maju membangun kampung halaman- Hulnani tercinta. Wujudnya demikian Kawule dalam limit waktu tujuh hari kerja yaitu dari tanggal  Desember 2009  telah diadakan kegiatan pembukaan jalan baru ke kantong-kantong produksi hasil pertanian dari Hulnani ke Manggali sepanjang 3 KM secara swadaya murni. Dimana hari kegiatan terakhir telah diisi dengan penanaman anakan cengkeh secara masal sebanyak 1200 pohon dijadikan sebagai lahan percontohan.
Dia menambahkan  kegiatan penanaman ini, merupakan penjabaran dari program nasional yang dicanangkan Menteri Kehutanan RI melalui semangat  One Man One Tree yang jika diterjemahkan dalam bahawas Hulnani Name Nu-Ajel No.
Kades Hulnani berharap  agar kegiatan menanam dan pembukaan jalan secara swadaya ini mendapatklan dukungan dari pemerintah kabupaten untuk meningkatkan status jalan yang dibuka secara swadaya ini melalui pengerasan di tahun mendatang.  Kepala Desa Hulnani dan  Kepala Desa Oa-Mata demikian Kawule sudah memiliki komitmen untuk membangun ruas jalan yang menghubungkan Desa Hulnani dan Desa Oa Mate.  “Mudah-mudahan Bapak Bupati Alor Drs.  Simeon Th. Pally dapat menindak lanjuti pembukaan Jalan Desa yang sudah dibuka oleh masyarakat. Karena jalan ini dimanfaatkan untuk mengakses hasil produksi masyarakat petani (Kemiri, pinang dan cengkeh),” katanya penuh harap.  Dua kepala Desa di wilayah Kecamatan Alor Barat Laut ini bahkan sudah mengagendakan waktu untuk bertemu  Bupari Alor Drs Simeon Th. Pally untuk meminta kesediaan orang nomor satu di daerah ini  peresmikan ruas jalan yang telah dibangun secara swadaya sekaligus melihat langsung  hasil-hasil pertanian di Hulnani (Manggali).
Sedangkan Camat Alor Barat Laut Ade Dharma Massa, S.Sos pada kesempatan itu mengatakan bahwa Kepala Desa Hulnani dan masyarakat  begitu serius menjunjung tinggi tradisi gotong-royong yang diwariskan para leluhur di daerah ini. Ade Dharma berjanji  secara terus menerus  hadir bersama masyarakat dalam kegiatan apapun yang di kerjakan secara gotong-royong. Dalam kaitannya dengan pembukaan jalan baru secara swadaya, Ade Dharma  sangat mendukung dan meminta dukungan masyarakat Hulnani untuk membuka ruas jalan di Kawasan Rekreasi pegunungan, karena dari gunung Manggali kita bisa melihat pemandangan ke laut pesisir Kecamatan Abal bahkan ke seberang Pulau Pantar, Pura, Ternate, Tereweng dan Pulau Buaya. Ade Dharma mengharapkan agar masyarakat dapat menanam pohon atau   tanaman keras dan tanaman komoditi dan berjanji akan melakukan penilaian terhadap jumlah tanaman warga masyarakat di Desa Hulnani, siapa yang menanam paling banyak akan diberi hadiah khusus. PIJAR-Moris -ON

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: