PIJAR NTT (Perhimpunan Jurnalis Alor)

January 14, 2010

Yayasan Mandala Jakarta-Yaswari Gelar Workshop Demi Mutu Pendidikan di Alor

Filed under: EKSOSBIS — pijarntt @ 04:52

Di tengah sistem pendidikan nasional Indonesia yang kerap berubah-ubah setiap pergantian kepemimpinan baru, kerinduan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan menjadi target banyak orang yang mesti diperjuangkan. Hal yang sama dilakukan juga oleh Yayasan Swastisari Kabupaten Alor.

DEMI mendongkrak kualitas pendidikan, Yayasan Swastisari (Yaswari) Kabupaten Alor menggandeng Yayasan Mandala Group Jakarta mengadakan workshop bagi kepala sekolah dan guru-guru matematika serta guru-guru bahasa inggris tingkat SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Alor pada Senin, 4/1/2010 di aula SMA St. Yosep Kalabahi.

Workshop ini yang sedianya dimulai pada pukul 08:00 wita terpaksa molor hingga kurang lebih pukul 12:00 wita lantaran menanti kehadiran para instruktur dari Yayasan Mandala Group-Jakarta. Yayasan ini memiliki sekolah unggulan tingkat nasional karena bebrhasil menempati peringkat tiga nasional saat  ujian nasional Tahun Ajaran 2008/2009 lalu dan masuk dalalam akreditas kualifikasi A.

Ketua Yaswari Alor, Rm.Krispinus Saku,Pr dalam sebuah diskusi dengan Alor Pos pekan lalu mengatakan kegiatan Workshop ini atas kepedulian Yayasan Mandala Jakarta yang mesponsori seluruh kegiatan. Tujuan workshop, kata Rm.Kris demi ikut mendongkrak mutu pendidikan di daerah ini.

Asal tahu saja, rangkaian kegiatan workshop tersebut dibuka Wakil Bupati Alor, Drs.H.Jusran M. Tahir. Tampak hadir dalam acara ini Kepala Bidang Pendidikan Sekolah pada Dinas Pendidikan kabupaten Alor, Drs. Wahid Kiko, Ketua Yayasan Persekolahan Swastisari, Rm. Krispinus Saku, Pr, para kepala sekolah, guru-guru mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris peserta workshop sekabupaten Alor.

Wabup dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Alor sangat memberikan apresiasi kepada Yaswari  dan Mandala Group yang mempunyai kepedulian terhadap mutu pendidikan di daerah ini melalui kegiatan workshop. Ia lebih jauh mengharapkan kiranya kegiatan pelatihan ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya agar bisa bermanfaat bagi para peserta terutama bagi masa depan pendidikan di kabupaten Alor.

Sekretaris panitia penyelenggara workshop, Klemens Koli, S.Pd ketika dikonfirmasi Alor Pos di kediamannya, jln. Melati, no. 5, kelurahan Kalabahi Kota, kecamatan Teluk Mutiara menyatakan bahwa workshop bagi kepala sekolah dan guru matematika serta Bahasa Inggris ini berlangsung selama tiga hari yang terhitung sejak Senin, (4/1/2010) hingga Rabu, (6/1/2010). Selama workshop ini, jelas Koli, ada rupa-rupa kegiatan yang dirancang yakni test kepada para siswa, analisis hasil test. Berdasarkan hasil analisis tersebut akan diadakan pemetaan kemampuan siswa. Selanjutnya akan dirancangkan program pembelajaran akademik, penyusunan kriteria ketuntasan minimal, penyusunan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), penyusunan soal-soal dengan mengacu kepada Ujian Negara (UN) dan praktek pengajaran matematika.

Ketika ditanya apa sasaran akhir atau tujuan yang dapat ditimba dari momen workshop ini, Koli menjelaskan bahwa kegiatan ini bersentuhan langsung dengan para pengelola sekolah dalam hal ini kepala sekolah dan guru-guru mata pelajaran. Karena itu ia meyakini bahwa terselenggaranya kegiatan ini tentu kiranya mampu membekali para kepala sekolah dengan sejumlah pengetahuan manajemen sekolah yang mengarah kepada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan mutu berbasis sekolah. Dan untuk para guru matematika dan  bahasa inggris, ia pun mengungkapkan bahwa workshop dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola dan mendesain metode pembelajaran secara baik dan tuntas. Desain ini baginya bermula dari menyusun RPP, evaluasi dan penilaian hasil test, menganalisis hasil test, membuat pengayaan dan remedial. Pada gilirannya, jelas Koli, seluruh kemasan rangkaian kegiatan ini akan bermuara pada peningkatan profesionalisme guru. PIJAR- dedy-Liki-AP

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: