PIJAR NTT (Perhimpunan Jurnalis Alor)

September 1, 2010

Polisi Limpahkan BPA Pencurian Cendana

Filed under: HUKRIM — pijarntt @ 19:07

Penyidik Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Alor kini telah melimpahkan berita acara pemeriksaan (BAP) tahap pertama kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kalabahi untuk diteliti. Pelimpahan berkas ini dilakukan setelah penyidik merampungkan berkas dari enam tersangka kasus pencurian cendana di hutan Omtel beberapa pekan lalu. Dari enam tesangka ini, penyidik membaginya menjadi dua BAP yakni tersangka penebang kayu yang terdiri dari dua orang dan tersangka penjual kayu cendana yang terdiri dari empat orang tersangka.
Kasat Reskrim Polres Alor, Iptu Antonius Mengga yang dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Kamis (27/08/10)  mengatakan, pihaknya telah mengirim BAP kepada Kejari Kalabahi beberapa hari sebelumnya. Pengiriman BAP tersebut, kata Mengga dipisahkan menjadi dua berkas yakni tersangka penebang kayu cendana dan tersangka penjual kayu cendana.
Untuk tersangka penjual kayu cendana, kata pihaknya, belum mengirim BPA karena masih merampungkan berkas, sedangkan BPA untuk dua tersangka penebang kayu cendana telah dikirim ke Kejari, 24 Agustus 2010.
“Jadi untuk tersangka penjual kayu cendana kita masih dalam tahap perampungan berkas dan dalam minggu ini akan dikirim. Sedangkan dua tersangka yang menebang kayu, Yeskiel dan Theodorus  kita suda kirim berkasnya tanggal 24 Agustus 2010 lalu,” tandasnya.
Ditanya Alor Pos, apakah ada sindikat dalam kasus pencurian kayu yang dilindungi undang – undang ini, Mengga mengatakan dalam kasus ini tidak ada sindikat pencurian. Namun, dari olah tempat kejadian perkara (TKP) beberapa waktu lalu, kata Mengga, terdapat puluhan pohon cendana yang telah ditebang di hutan Omtel. Sementara yang ditebang Theodorus dan Yeskiel hanya dua pohon.
“Dari olah TKP kita melihat ada puluhan pohon kayu cendana yang ditebang. Menurut pengakuan mereka dua ini hanya tebang tujuh pohon. Mungkin pohon – pohon itu orang lain yang tebang,” ujarnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, aparat Buru Sergap (Buser) Reskrim Polres Alor berhasil mengamankan sejumlah kayu cendana yang disimpan di rumah Eko Hamid di kampung Sawa Lama – Kalabahi, Kamis 29 Juli 2010 lalu. Polisi melakukan aksi penangkapan, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat kalau ada oknum yang menyimpan sejumlah kayu cendana dirumah. Para tersangka yang telah ditahan Polisi ini yakni Hamid Eko, Yan Dominggus Namangdjabar dan Alimudin Tolang serta Theodurus dan Yeskiel. Mereka ini akan dikenakan sanksi pidana sesuai Undang-Undang (UU) No.41 Tahun 2009 tentang Kehutanan. PIJAR-AP

1 Comment »

  1. ketika kita brupaya melestarikan cndana, ada saja yang ingin membabatnya. Kaena itu penegak hukum harus memproses para pelakunya.

    Comment by sil nusa — September 8, 2010 @ 10:38 | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: